Selasa, 01 November 2011

hari sumpah pemuda

Hari sumpah pemuda, pada tanggal 28 Oktober . Hari itu termasuk hari penting bagi Bangsa Indonesia ini, Karena merupakan bukti otentik bahwa pada waktu itulah Bangsa Indonesia dilahirkan.
28 Oktober 1928, merupakan suatu proses pembentukan dan menjadi buah perjuangan bagi para pemuda Indonesia pada waktu itu. Bayangkan, selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialisme pada saat itu. Tapi mereka yg jaraknya sangat jauh dan hanya dengan tekonologi yg sangat terbatas mampu bersatu. Itu karena jiwa mereka yg sangat ingin membangun bangsa ini menjadi bangsa yg Merdeka!.
Coba kalian fikirkan, bagaimana jika kita hidup pada waktu itu? Dijajah, ditindas, bahkan dibunuh hanya karena para penjajah ingin menguasai bangsa ini. Kita pasti sangat merasakan kepahitan dan pedihan hidup bangsa pemuda pada waktu itu. Tapi karena kondisi itulah mereka mampu bersatu, dan membulatkan tekad mereka demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli. Dan tekad inilah yg menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga akhirnya kemenangan itu datang, pada tanggal 17 Agustus 1945.
Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin. Dan beginilah bunyi Sumpah Pemuda itu :
Sumpah Pemuda
Pertama :
- KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENGAKU BERTUMPAH DARAH YANG SATU, TANAH AIR INDONESIA.
Kedua :
- KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA , MENGAKU BERBANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN , BAHASA INDONESIA 
JAKARTA, 28 OKTOBER 1928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar